Rabu, 02 April 2008

*) Logo Apple Bikin Orang Jadi Kreatif

Siapa sangka kalau logo ternyata bisa mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Memang dalam mendesain logo ada pertimbangan keindahan dan filosofi yang juga dipertimbangkan. Tapi dampaknya pada orang yang melihat memang belum pernah dapat diprediksikan.

Baru-baru ini 2 universitas mengadakan penelitian mengenai dampak logo pada orang yang melihatnya. Professors Gavan Fitzsimons dan Tanya Chartrand dari Duke University, dan GrĂ¡inne Fitzsimons dari University of Waterloo mengadakan eksperimen terhadap 341 mahasiswa untuk menggali kemungkinan dampak logo ini.

Mereka memilih 2 logo perusahaan yang saling berkompetisi, Apple Inc. dan IBM. Apple selama ini berusaha membangun image inovasi dan kreativitas dengan logo buah apelnya sementara IBM dianggap mewakili kesan tradisional, bertanggung jawab, dan cerdas.

Ke 341 mahasiswa tersebut diberi sejumlah kubus yang bisa ditata menjadi bentuk-bentuk tertentu. Sebelum memulai tugas, mahasiswa yang dibagi menjadi 2 kelompok itu secara tidak sadar telah melihat gambar logo dari perusahaan besar itu. Gambar logo yang diperlihatkan secara cepat dan seolah-olah tidak sengaja itu ternyata cukup berpengaruh pada hasil eksperimen.

Kelompok yang melihat logo Apple cenderung menyusun kubus menjadi bentuk yang kreatif sementara kelompok lain cenderung membuat bentuk yang biasa-biasa saja. Penelitian kemudian dilanjutkan dengan mengekspos masing-masing kelompok dengan logo lain. Kali ini yang dipakai adalah logo Disney dan logo E! Channel. Ternyata hasilnya logo Disney menghasilkan responden yang nampak lebih jujur.

Setelah penelitian selesai, masing-masing subyek kemudian ditanya logo apakah yang tadi ditunjukkan di layar. Ternyata tidak seorang pun bisa menyebutkan dengan pasti. Dengan begitu maka bisa dipastikan bahwa responden tidak terpengaruh secara langsung dengan konotasi dari logo. (kpl/roc)

By : Kapanlagi.com

0 komentar:

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP