Selasa, 08 April 2008

*) Menkominfo Anggap 'Blogger' Itu Keluarga

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Muhammad Nuh menyatakan bahwa pemerintah menganggap para blogger (pembuat situs pribadi/blog) bukan musuh, akan tetapi bagian dari sebuah keluarga.
"Blogger merupakan bagian dari keluarga kita, kita tumbuh bersama untuk mengembangkan dunia teknologi informasi di Indonesia," kata Menkominfo dalam pertemuan dengan para blogger di kantor Depkominfo di Jakarta, Senin malam.

Nuh mengungkapkan hal tersebut karena diminta ketegasan posisi pemerintah oleh para blogger yang hadir dalam acara tersebut, dalam permasalahan tuduhan dari pengamat telematika Roy Suryo yang menganggap blogger yang merusak dan mengacak-acak berbagai situs terutama situs partai Golkar.

Nuh mendorong agar para blogger berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan negara.
"Kita mendorong agar blogger menjadi sebuah komunitas baru, yang menyebarluaskan fungsi edukasi, fungsi penguatan kepada masyarakat dan menyebarluaskan fungsi pencerahan yang dibingkai untuk mengembangkan nasionalisme bangsa," lanjut dia.
"Kita ingin membuka kesempatan para blogger untuk memberikan kontribusi sekecil apapun. Kita berusaha untuk mengurangi dampak negatif," tambah Nuh.

Sebelumnya, Roy Suryo mengatakan situs Golkar (www.golkar.or.id), Jumat pagi, diduga dibobol kelompok hackers yang juga menjadi komunitas blogger di Indonesia.
"Situs Golkar di-defaced (berubah tampilan) sejak Jumat dinihari. Dugaan awal tindakan pembobolan tersebut terkait dengan UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE) yang baru disahkan pemerintah," kata Roy Suryo di Jakarta, Jumat (28/3).

Sejak pemerintah mengesahkan UU ITE pada Selasa (25/3), situs pemerintah milik Depkominfo juga menjadi korban serangan para hacker, disusul situs partai politik terbesar di tanah air Golkar.
Menurut Roy Suryo, tampilan situs Golkar di-deface sempat memampang foto dirinya yang didampingi dua wanita "bule", dengan komentar: Haiiiiiiiiiiii... Jumpa lagi..... dgn Tante Roy Adyuh Mana Ujyan Ga da Ojyek Bechex Bechex *iklan cincha dolo ya pak admin* Maap pak admin cuma pengen titip numpang pesen aja..... buat Tante Roy.

Pembobol juga meninggalkan alamat email yaitu, siapakah.akyu@yahoo.com
Beberapa jam kemudian, tampilan situs yang dibangun dan diregistrasi pada 23 April 1997 itu telah berubah lagi bertuliskan "Mambo", "This site is temporarily unavailable. Please notify the System Administrator" dan dilatar belakangi bunga dengan bentuk kelopak segi enam.
Sejatinya situs Golkar yang bermotto "Bersama Kita Maju" ini didominasi warna kuning dengan memampang foto petinggi partai berlambang Beringin itu yaitu Wapres Jusuf Kalla, didampingi Agung Laksono, dan Suryo Paloh.

Roy Suryo yang merupakan konsultan untuk Unit Pusat Identifikasi Mabes Polri ini menjelaskan, bahwa kasus pembobolan situs pemerintah maupun parpol ini sudah diselidiki Unit Cyber Crime Mabes Polri. (*/cax)

0 komentar:

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP