Rabu, 09 April 2008

*) Rekaman Suara Pertama Ditemukan Di Perancis

Selama ini dunia beranggapan bahwa hasil rekaman Thomas Alva Edison adalah rekaman pertama yang pernah dibuat. Rekaman yang dibuat tahun 1877 dan berisi rekaman lagu 'Mary had a little lamb' dianggap sebagai cikal bakal teknologi rekam. Namun dengan ditemukannya rekaman yang ternyata berusia lebih tua 17 tahun dari rekaman Thomas Alva Edison, dunia mulai mempertanyakan penemuan Edison.

Rekaman yang berisi lagu 'Au Clair de la Lune' berdurasi sekitar 10 detik ini dibuat oleh Edouard-Leon Scott de Martinville dengan menggunakan phonautograph. Edouard-Leon Scott de Martinville sendiri tercatat sebagai penemu dari phonautograph.


Phonautograph bekerja dengan cara mencetak suara ke dalam lembaran kertas yang dibungkus jelaga. Para ilmuwan dari Berkeley kemudian mencari cara untuk merubah gambar di atas kertas itu menjadi suara. Dengan bantuan 'virtual stylus' para ilmuwan itu kemudian berhasil menerjemahkan gambar itu menjadi suara. Namun karena phonautograph sendiri digerakkan dengan tangan, maka tinggi rendah nada yang dihasilkan pun tidak stabil.


Namun karena phonautograph diciptakan oleh Edouard-Leon Scott de Martinville sebagai alat untuk merekam suara, ia tidak mampu membunyikan ulang hasil rekaman itu. Sebaliknya phonograph yang diciptakan Thomas Alva Edison mampu merekam sekaligus memutar ulang rekaman itu.


Walaupun para ahli akhirnya sepakat bahwa hasil rekaman pertama adalah karya Edouard-Leon Scott de Martinville, mereka tetap menganggap Thomas Alva Edison adalah orang yang pertama yang menciptakan alat untuk merekam suara sekaligus membunyikan hasil rekaman itu. (reg/roc)

By Kapanlagi.com

0 komentar:

  © Blogger templates ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP